5 Manfaat Kesehatan Daun Dewa yang Penting untuk Anda Ketahui
Ilustrasi daun dewa (Foto: Istimewa)

Bagikan:

KEPULAUAN RIAU - Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah cukup familiar dengan ramuan herbal atau jamu. Hal itu disebabkan keberadaan ragam herbal dan rempah yang cukup kaya di tanah Nusantara. Salah satu tumbuhan herbal yang cukup terkenal adalah daun dewa, atau Sambung Nyawa, atau tanaman dengan nama latin Gynura Procumbens.

Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari daun dewa, antara lain:

Mengobati kanker payudara

Daun dewa menyimpan 36 senyawa protein yang disebut peroksidase. Sebuah studi tahun 2013 dari Universiti Sains Malaysia yang diterbitkan di jurnal PLoS ONE mengungkapkan bahwa protein ini berfungsi untk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Oleh karena itu, peneliti percaya bahwa daun dewa memiliki potensi untuk mengobati kanker payudara.

Mengobati herpes

Satu penelitian kolaborasi dari tim periset Thailand dan Jerman menemukan bahwa ekstrak etanol dari daun dewa berpotensi mematikan dan menghambat virus herpes simpleks HSV-1 dan HSV-2 untuk memperbanyak diri dalam tubuh. Temuan manfaat daun dewa ini diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2013.

Mengobati hipertensi

Selain membunuh virus herpes, kandungan etanol dalam daun dewa juga diyakini mampu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Temuan ini diterbitkan tahun 2013 dalam jurnal Journal of Acupuncture and Meridian Studies (JAMS) oleh tim periset dari Universiti Sains Malaysia.

Mengobati diabetes

Daun dewa banyak dicari untuk mengobarti berbagai macam penyakit seperti diabetes, demam, sembelit, dan hipertensi. Selain itu, daun dewa juga dipercaya ampuh mengobati sakit ginjal dan rematik.

Sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Frontiers of Pharmacology mengungkapkan bahwa manfaat daun dewa ini datang dari kandungan penyembuhnya yang beragam. Mulai dari antihipertensi, kardioprotektif, antihiperglikemik, antikanker, antibakteri, antioksidan, hingga anti-peradangan.

Mengobati stroke

Daun dewa diketahui memiliki sifat antihipertensi dan kardiprotektif, yang dipercaya dapat melindungi jantung. Hal tersebut melandasi pernyataan bahwa daun dewa bisa menjadi obat alternatif untuk penyakit jantung, termasuk juga stroke. Namun yang perlu dipahami, stroke adalah kondisi gawat darurat yang dapat mengancam nyawa. Saat Anda terserang stroke, sebaiknya segera dapatkan pertolongan medis secepat mungkin. Jangan ditunda dengan meminum jamu terlebih dulu. Konsumsi herbal lebih baih baik dilakukan dalam rangka mencegah.

Hal yang perlu dipahami di sini adalah, beragam studi yang melaporkan manfaat daun dewa untuk kesehatan pada umumnya masih bersifat terbatas dan kurang kuat. Manfaat-manfaat yang disebutkan di atas masih bersifat dugaan awal karena dibuat hanya berdasarkan uji sampel sel atau jaringan organ tubuh atau pada tikus percobaan di laboratorium.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!