Capaian vaksinasi <i>Booster</i> di Aceh Baru 4,83 Persen
Ilustrasi/Foto: Antara

Bagikan:

BANDA ACEH - Kepolisian Daerah Aceh menyatakan capaian vaksinasi vaksin COVID-19 dosis ketiga atau penguat di provinsi ujung barat Indonesia tersebut baru mencapai 4,83 persen.

"Masyarakat Aceh yang sudah menerima vaksin COVID-19 dosis penguat baru 194.548 orang atau 4,83 persen dari target empat jutaan orang," kata Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy di Banda Aceh, Rabu 23 Maret.

Menurut Kombes Pol Winardy, jumlah tersebut masih jauh dari target yang diharapkan pemerintah sebesar 70 persen. Kendati begitu, Polda Aceh dan jajaran terus berupaya meningkatkan capaian vaksinasi vaksin COVID-19 dosis penguat tersebut.

Namun begitu, kata Kombes Pol Winardy, untuk meningkatkan capaian vaksinasi vaksin COVID-19 dosis penguat tersebut membutuhkan dukungan dan kerja sama seluruh pemangku kepentingan bersama-sama mengedukasi masyarakat akan pentingnya vaksinasi vaksin COVID-19.

Kombes Pol Winardy mengatakan Polda Aceh dan jajaran menyiapkan 310 gerai vaksinasi yang tersebar di 23 kabupaten kota di provinsi berjuluk Bumi Serambi Mekah tersebut. Vaksinasi vaksin penguat merupakan dosis lengkap untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap COVID-19.

"Karena itu, kami terus mengajak masyarakat Aceh mengikuti vaksinasi vaksin COVID-19 dosis ketiga atau penguat sehingga vaksin yang diterima dinyatakan lengkap. Tujuan vaksin dosis ketiga untuk mengakhiri pandemi COVID-19," kata Kombes Pol Winardy dikutip Antara.

Selain vaksinasi, Kombes Pol Winardy juga mengingatkan masyarakat yang sudah menerima vaksin, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan dan penyebaran COVID-19.

Sebab, kata Kombes Pol Winardy, protokol kesehatan di antaranya selalu memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumunan, merupakan cara efektif mencegah penularan dan penyebaran COVID-19.

"Patuhi selalu protokol kesehatan. Apalagi sekarang ada Omicron yang penularan dan penyebarannya lebih cepat dari varian sebelumnya," katanya.