Siapa Ustaz Maaher Alias Soni Ernata yang Meninggal di Rutan Mabes Polri
Ustaz Maaher At Thuwailibi (Instagram/@yusufmansyurnew)

Bagikan:

JAKARTA - Soni Ernata yang juga dikenal Ustaz Maaher At Thuwailibi meninggal di Rutan Mabes Polri pada Senin, 8 Februari pukul 19.00 WIB. Ustaz Maaher meninggal ketika menjalani hukuman penjara atas kasus ujaran kebencian. Siapa Ustaz Maaher?

Ustaz Maaher dikenal sebagai pendakwah asal Medan, Sumatra Utara. Di surat penangkapannya, tercantum tempat tanggal lahir Ustaz Maaher: Medan, 14 Juli 1992.

Selain aktif dalam banyak kegiatan dakwah, Ustaz Maaher juga dikenal aktif di media sosial. Aku Twitter pribadinya, @ustadzmaaher_ memiliki 64 ribu pengikut.

"Salafy garis lurus," tertulis dalam akunnya.

Ustaz Maaher juga memiliki kanal YouTube bernama USTADZ MAAHER AT-THUWAILIBI OFFICIAL dengan jumlah 150 ribu subscribers. Di kanal inilah Ustaz Maaher mengunggah video-video dakwahnya.

Kontroversi Ustaz Maaher

Di media sosial, Ustaz Maaher kerap mengunggah momen kegiatannya, termasuk sejumlah video yang menampilkan dakwah-dakwahnya. Ustaz Maaher dikenal dekat dengan ustaz masyhur lain, termasuk Ustaz Abdul Somad.

Keakraban keduanya terlihat saat berbagi panggung dakwah dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Sumatra Utara. Ustaz Maaher dikenal sebagai penceramah yang vokal. Ia kerap mengkritisi pemerintah.

Pada 2017, Ustaz Maaher sempat mengkritik keras pemerintah. Ia menyebut Indonesia negara thagut. Ia menyebut pemerintah sebagai musuh Islam. Hal itu diungkap Ustaz Maaher sebagai respons atas terbitnya Undang-Undang Ormas yang digunakan untuk membubarkan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Ustaz Maaher juga menyebut UU Ormas jadi peluang pemerintah untuk membubarkan gerakan Islam lain. Karena itulah Ustaz Maaher mengajak kelompok-kelompok Islam untuk menentang UU Ormas.

Ustaz Maaher juga sempat disorot ketika dirinya dilaporkan oleh Permadi Arya alias Abu Janda. Abu Janda menyebut Ustaz Maaher menyebar ancaman pembunuhan lewat media sosial.

Ustaz Maaher sempat terlibat perseteruan dengan selebritas, Nikita Mirzani. Ustaz Maaher menyebut Nikita pelacur dan mengancam akan mengepung rumah Nikita dengan delapan ratus laskar pembela ulama.

Kala itu Maaher marah besar karena pernyataan Nikita yang menyudutkan Habib Rizieq Shihab, pemimpin sekaligus Imam Besar Front Pembela Islam (FPI). Kala itu banyak warganet yang mengecam Maaher karena perkataan kasarnya.

Tak hanya Nikita, Ustaz Maaher juga sempat melontarkan kata-kata penghinaan terhadap Habib Luthfi bin Yahya. Lewat kicauan di Twitter, Agustus 2020, Ustaz Maaher menuliskan: Iya, tambah cantik pakai jilbab. Kayak kyainya Banser ini ya.

Polisi menyoroti itu. Polisi melihat adanya indikasi penghinaan terhadap ulama dalam kicauannya yang merupakan narasi dari sebuah unggahan foto.

Kasus yang jadi pembelajaran

Akibat hinaannya terhadap Habib Luthfi bin Yahya, Ustaz Maaher dijerat hukum. Ustaz Maaher mengatakan dirinya belajar banyak dari kasus ini. 

Dalam wawancara dengan Detik, Ustaz Maaher bahkan menolak narasi bahwa kasusnya adalah kriminalisasi ulama. "Kalau dikriminalisasi sih nggak. Ini justru pembelajaran untuk saya, semua teman-teman," kata Maaher, dikutip Senin, 8 Februari.

Ustaz Maaher sendiri mengatakan dirinya tak berniat menghina Habib Luthfi. Ustaz Maaher juga menolak anggapan bahwa dirinya memiliki masalah pribadi dengan ulama NU nan karismatik itu.

"Jadi secara bahasa seakan-akan saya ingin mengatakan kepada si pengguna Twitter yang menghina saya, bahwa kalau kamu menghina saya, menyudutkan saya saya ini pakai jilbab padahal saya pakai sorban, berarti secara nggak langsung kamu menghina Habib Luthfi, ulama yang juga saya dan kamu hormati. Saya dan Habib Luthfi kebetulan sama-sama menggunakan pakaian sunah, pakai sorban. itu sih. Jadi problemnya itu."

Usai dinyatakan meninggal, jenazah Ustaz Maaher langsung dibawa ke RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, pada pukul 20.00 WIB. Menurut polisi, Ustaz Maaher meninggal karena sakit.

Sepekan lalu, Ustaz Maaher dilaporkan baru kembali ke rutan dari RS Polri untuk mendapat perawatan. Ustaz Maaher ditahan di Rutan Bareskrim Polri setelah ditangkap pada 4 Desember 2020.

Di dalam tahanan, Ustadz Maaher sempat mengeluh sakit. Dia kemudian dibantarkan ke RS Polri.

Profil

Nama Lengkap

Soni Ernata

Nama Alias

Ustaz Maaher At Thuwailibi

Tempat dan Tanggal Lahir

Medan, 14 Juli 1992

***

Sosok Lainnya