Kekentalan Oli untuk Mobil di Atas 10 Tahun, Sebaiknya Kental atau Encer?
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemilihan oli untuk mobil berusia tua harus dilakukan secara tepat dan tidak boleh sembarangan. Pertimbangan yang perlu diperhatikan yakni karena mesin mobil tua sudah tidak serapat seperti mobil baru dan teknologi yang digunakan mungkin berbeda. Lantas seberapa kekentalan oli untuk mobil di atas 10 tahun?

Penggemar mobil tua atau berusia di atas sepuluh tahun terbilang cukup banyak di Indonesia. Selain itu, banyak orang tertarik membeli mobil second karena harganya yang lebih murah. Saat akan meminang mobil lama, pemilihan oli menjadi penting untuk diperhatikan. 

Mobil berusia tua membutuhkan perawatan yang berbeda, begitupun dalam pemakaian olinya. Itulah mengapa Anda perlu tahu kekentalan oli untuk mobil di atas 10 tahun dan dampaknya bagi kinerja mesin.  

Kekentalan Oli untuk Mobil di Atas 10 Tahun

Para pemilik mobil lama atau berusia di atas 10 tahun disarankan memakai oli dengan viskositas 20W-50. Viskositas oli ini lebih kental daripada oli yang direkomendasikan saat kondisi mobil masih baru. Biasanya mobil baru memakai oli dengan nilai kekentalan 5W-30 atau 10W-30. 

Mengapa mobil berusia tua direkomendasikan memakai oli kental? Mesin pada mobil lama memiliki kinerja yang sudah tidak seprima pada mobil baru. Biasanya tingkat presisi pada mesin mobil lawas sudah mengalami penurunan karena terjadinya gesekan-gesekan selama dikendarai bertahun-tahun lamanya.

Ketika mobil sudah digunakan selama 10 tahun lebih, maka gesekan-gesekan pada komponennya akan menyebabkan keausan. Kondisi ini membuat terciptanya celah antar komponen semakin membesar. Semakin jauh jarak tempuh mobil, maka celah komponennya akan jadi lebih longgar. 

Lantaran tingkat keausannya sudah cukup tinggi, maka mobil berusia lama perlu diimbangi dengan pemakaian oli yang lebih kental. Pemakaian oli kental pada mobil lama bertujuan untuk melindungi komponen supaya bisa bekerja dengan tetap optimal. Khususnya pada bagian dinding silinder mesin mobil lama.

Selain itu, mobil tua disarankan memakai oli kental karena mesinnya lebih rentan panas. Oli kental memiliki sifat tahan lama sehingga lebih tahan terhadap panas dibandingkan oli yang encer. Oli encer lebih cepat menguap dan akan cepat rusak apabila sering mengalami panas. 

Mengapa Mobil Lama Tidak Boleh Pakai Oli Encer

Pemakaian oli encer pada mobil lama bisa mengakibatkan oli turut terbawa ke ruang bakar. Jika kondisi ini terjadi, maka volume pelumas akan lebih cepat berkurang. Selain itu, bagian dalam silinder juga berpotensi menjadi kotor akibat sisa cairan yang ikut terbakar.   

Penggunaan oli encer dengan viskositas 0W-20 atau 5W-30 untuk mobil berusia lama tidak memberikan hasil yang optimal. Oli tersebut kemungkinan tidak mampu naik ke komponen atas mesin. Kondisi ini membuat komponen mesin tidak dapat terlumasi dengan sempurna. 

Kode Oli untuk Mobil Lama

Supaya bisa memilih oli yang tepat untuk mobil lama berusia di atas 10 tahun, Anda perlu memahami kode-kode oli. Berikut ini sejumlah arti kode oli yang perlu diketahui pemilik kendaraan roda empat:

Kode Oli 20W-50

Jenis oli dengan viskositas ini paling cocok untuk mobil berusia tua. Oli ini mampu berada pada suhu antara -10 derajat celcius hingga 150 derajat celcius. Namun oli ini membuat mesin lebih boros bahan bakar. Oli ini sangat mendukung bagi mobil lawas yang membutuhkan oli kental untuk melindungi komponen mesinnya. 

Kode Oli 15W-50

Oli berkode 15W-10 memiliki kekentalan yang tidak terlalu tinggi. Oli ini mampu mempertahankan kekentalannya pada suhu -15 derajat celcius hingga 150 derajat celcius. Oli ini cocok bagi mobil dengan usia yang belum terlalu tua atau di bawah 10 tahun. 

Kode Oli 10W-40

Oli ini memiliki kekentalan yang tidak terlalu tinggi dan cocok untuk mobil yang belum terlalu tua atau di bawah 10 tahun. Oli berkode 10W-40 mampu menjaga kekentalan pada suhu -20 derajat celcius hingga 150 derajat celcius. 

Kode Oli 15W-40

Oli jenis ini cocok dipakai pada mobil tua yang berukuran besar. Oli 15W-40 dapat menjaga kekentalannya pada suhu -20 derajat celcius sampai dengan 150 derajat celcius. Oli ini sangat tepat bagi mobil yang memiliki mesin berat dengan komponen besar. 

Demikianlah ulasan mengenai kekentalan oli untuk mobil di atas 10 tahun atau berusia lama. Pemilik mobil lama disarankan untuk memakai oli dengan viskositas yang kental seperti oli 20W-50. Namun di samping itu pemilihan oli juga perlu disesuaikan dengan operasional mesin mobil. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.