5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Mata Tetap Sehat Saat WFH
Ilustrasi WFH di masa pandemi (Foto: Istimewa)

Bagikan:

KEPULAUAN RIAU - Masa pandemi membuat banyak orang melakukan aktivitas secara daring dari rumah termasuk work from home atau WFH. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan mata agar tetap sehat saat WFH adalah hal terpenting.

Studi terbaru dari Specsavers menunjukkan, sejak pandemi berlangsung pada Maret 2020 lalu, sebanyak 42 persen partisipan mengalami penglihatan yang menurun. Hal tersebut diperkirakan terjadi karena banyak dari mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar seperti laptop, ponsel, dan TV dibandingkan sebelum pandemi.

Untuk menyikapinya, berikut adalah sejumlah cara menjaga kesehatan mata saat WFH.

1. Cahaya yang cukup

Pastikan Anda melihat layar dengan cahaya yang cukup. Pasalnya, cahaya akan memengaruhi kerja pupil dan retina. Cahaya yang kurang membuat pupil bekerja lebih keras untuk melihat.

2. Jaga jarak

Jaga jarak tak hanya penting untuk mencegah Covid-19, tapi juga untuk mata. Namun, jaga jarak dalam konteks ini tentu saja saat melihat layar laptop, TV ataupun HP. Buatlah jarak sekitar 30-45 cm, dan sejajarkan pandangan mata dengan layar.

3. Beri jeda

Berilah jeda setiap 30 menit untuk melihat benda lain yang jauh setelah melihat layar yang cerah. Anda dapat melihat ke luar rumah atau barang-barang yang berjarak agak jauh dengan Anda. Cara ini berfungsi merehatkan mata dari fokus yang terlalu lama terhadap layar.

4. Mengedipkan mata

Menatap layar tentu mengurangi intensitas mengedipkan mata secara signifikan. Oleh sebab itu, cobalah untuk menjadwalkan mengedipkan mata. Mengedipkan mata dapat mencegah gejala mata kering.

5. Minum air

Mata sebagian besar terdiri dari cairan. Oleh karena itu, air putih yang cukup merupakan hal penting guna mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat mata kering dan berpotensi menyebabkan kerusakan.

Jika Anda mengalami gejala mata kering, obat tetes dapat digunakan sebagai pertolongan pertama. Jika sakit mata atau gangguan pada mata tak membaik, segera berobat ke dokter atau layanan kesehatan terdekat.

Ikuti info dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!