Khawatir dengan Osteoporosis? Inilah 5 Jenis Vitamin untuk Menunjang Nutrisi Tulang
Ilustrasi kerangka tulang belakang manusia (foto: istimewa)

Bagikan:

KEPULAUAN RIAU - Tulang adalah salah satu elemen penting penyusun tubuh manusia. Tidak hanya berfungsi sebagai pondasi penggerak tubuh, rangka tubuh ini juga mengatur seluruh aspek persendian dan aktivitas yang dilakukan oleh manusia.

Oleh karena itu, tulang yang sehat merupakan harapan yang diidamkan bagi setiap orang. Tulang tidak sehat biasanya terjadi karena gaya hidup yang kurang baik. Contohnya, konsumsi makanan yang tidak sehat dan asupan vitamin serta mineral yang tidak menunjang kesehatan tulang. Ulasan di bawah ini akan membabarkan apa saja vitamin yang penting bagi tulang.

1. Vitamin D

Sama seperti kalsium, vitamin D membantu memadatkan serta menunjang kekuatan tulang. Vitamin ini juga dipercaya mampu mengobati tulang yang sudah mulai retak untuk usia lansia.

Vitamin D dikenal pula dengan nama vitamin sunshine, sesuai dengan namanya, sumber terbaik vitamin ini adalah sinar matahari. Namun, Anda juga bisa mendapati vitamin D dalam berbagai macam produk susu. Saat ini, banyak sekali produk susu untuk kesehatan tulang yang telah diperkaya vitamin D .

Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin D pada beberapa jenis makanan seperti ikan salmon, tuna, sarden minyak ikan kod, kacang almond, kedelai, jamur, telur, dan hati.

Namun, sebelum mengonsumsi vitamin ini, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter dan ahli gizi. Hal ini dilakukan agar kita memahami dosis yang sesuai dengan kondisi kita.

2. Vitamin A

Vitamin A juga memiliki fungsi penting terhadap kesehatan tulang selain untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan sel-sel pembentuk tulang (osteoblas) serta sel-sel pemecah tulang (osteoklas) dipengaruhi oleh vitamin A. Namun, hindari konsumsi yang berlebihan, sebab kelebihan vitamin A berpotensi menyebabkan penurunan kepadatan tulang dan juga peningkatan risiko fraktur.

Sumber nutrisi dari vitamin A dapat Anda temukan pada berbagai jenis buah dan sayur. Namun, selain dari jenis sayur mayor, Anda juga dapat mengonsumsi vitamin A dalam bentuk suplemen. Cukup konsumsi sesuai dengan kadar kebutuhan dari tiap orang.

Segala hal yang dikonsumsi berlebihan pasti mendatangkan keburukan, begitu juga dalam mengonsumsi vitamin. Hindari mengonsumsi suplemen vitamin secara berlebihan, sebab hal tersebut memberi dampak yang tidak baik bagi perkembangan tubuh. Oleh sebab itu, sesuaikan dengan kebutuhan.

3. Vitamin K

Vitamin K diketahui sebagai nutrisi yang digunakan untuk proses pembekuan darah. Namun, vitamin K juga berfungsi sebagai nutrisi alami dalam menjaga kesehatan tulang. Vitamin K memiliki peran penuh dalam mencegah keretakan tulang yang diakibatkan ketidakseimbangan aktivitas sehari-hari.

Vitamin K juga dapat membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang. Kadar vitamin K yang kurang dalam darah dapat menurunkan tingkat kepadatan tulang. Secara otomatis, hal tersebut meningkatkan risiko patah tulang.

Banyak sekali makanan di sekitar kita yang mengandung vitamin K, misalnya brokoli, kubis, kale, parsley, minyak kanola dan zaitun, dan bayam. Semua itu merupakan sumber vitamin tulang yang sangat bagus untuk dikonsumsi.

4. Vitamin C

Vitamin C berperan sebagai penunjang pertumbuhan gusi dan tulang. Itulah sebabnya, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sariawan. Vitamin ini juga berguna dalam pembentukan kolagen yang terkandung pada tulang manusia.

Penuhi kebutuhan vitamin C sesuai dengan porsinya. Perkembangan dan pertumbuhan tulang dapat berjalan dengan baik apabila kebutuhan vitamin ini terpenuhi. Vitamin C dapat ditemukan pada sayuran dan buah-buahan yang mudah didapatkan. Namun, Anda juga dapat memenuhi asupannya dengan cara mengonsumsi suplemen vitamin C. Dan jangan lupa, sesuaikan pemakaian dengan kebutuhan bagi tubuh.

5. Vitamin B

Untuk melindungi tulang dari risiko osteoporosis, kita dapat mengonsumsi vitamin B, terutama vitamin B6, B9, dan B12, khususnya untuk orang-orang yang sudah lanjut usia. Vitamin B12 diketahui memiliki pengaruh besar dalam pembangunan sel tulang. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kadar vitamin B12 yang rendah dalam darah akan meningkatkan risiko osteoporosis.

Masing-masing orang memiliki kebutuhan vitamin B yang berbeda. Hal tersebut dipengaruhi faktor usia, jenis kelamin, serta rutinitas sehari-hari. Sumber vitamin B dapat Anda dapatkan pada makanan dan minuman yang mudah ditemukan, Anda bahkan bisa melengkapi kebutuhan vitamin ini melalui suplemen. Sesuaikan kebutuhan konsumsi vitamin B bagi tubuh dengan menyesuaikan aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Seperti vitamin sebelumnya, ada baiknya untuk mengonsultasikan terlebih dulu kepada dokter dan ahli gizi agar dosis vitamin atau suplemen sesuai dengan kebutuhan tulang Anda. Selain itu, pilihlah produk yang cocok terhadap kebutuhan nutrisi tubuh.

Demikianlah 5 vitamin tulang yang direkomendasikan untuk Anda konsumsi. Tidak ada salahnya jika Anda memilih vitamin yang terkandung dalam bahan alami seperti susu segar, buah, dan sayur. Hal yang terpenting adalah kebutuhan nutrisi untuk tulang kita dapat terpenuhi dengan baik.

Ikuti info dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!